Sempena Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun, Kwarda Riau Gelar Kemah Bela Negara

oleh -12 views

RIAUINVESTIGASI.COM I PEKANBARU — Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau menggelar Kemah Bela Negara (KBN) se-Daerah Riau pada 28 s.d 31 Oktober 2021, di Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Kegiatan yang diselenggarakan pertama kali bersempena Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 ini dibuka oleh Ketua Kwarda HM Azaly Djohan, Kamis sore (28/10/2021).

Ketua Sangga Kerja Kemah Bela Negara Raka Teguh Pratama dalam laporannya menyampaikan Kemah Bela Negara bertujuan membina dan mengembangkan persaudaraan serta persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega serta memberikan kepada mereka kegiatan yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif yang mengarah kepada cinta Tanah Air, kemampuan mandiri dalam kehidupannya dan dapat menjadi magnet kegiatan anak muda.

Dok: Ketua Kwarda Riau H. Azaly Djohan memasang tanda peserta sebagai tanda dibukanya kegiatan Kemah Bela Negara se-Daerah Riau di Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu, Kamis sore (28/10/2021)

Menurut Raka, peserta Kemah Bela Negara merupakan Dewan Kerja Cabang se-Daerah Riau dengan komposisi Pramuka Penegak dan Pandega putra dan putri disesuaikan dengan kuota yang diberikan yakni Kwartir Cabang (Kwarcab) Inhu 7 putra dan 7 putri, Indragiri Hilir 2 putra 1 putri, Kampar 3 putra, Bengkalis 1 putra 2 putri, Kota Dumai 1 putra 2 putri, Kota Pekanbaru 2 putra 1 putri, Kuantan Singingi 1 putra 2 putri, Rokan Hulu 2 putra 1 putri, Siak 1 putra 2 putri, Rokan Hilir 2 putra 1 putri dan Kepulauan Meranti 2 putra 1 putri.
“Total keseluruhan peserta dan panitia adalah 80 orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Raka.

Adapun jenis kegiatan Kemah Bela Negara adalah perkemahan, kegiatan umum, observasi, aksi, keterampilan dan wawasan serta semiloka.

Bupati Inhu yang diwakili Wakil Bupati Junaidi Rachmat mengucapkan eluan selamat datang dan terimakasih kepada Mabida dan Kwarda Gerakan Pramuka Riau atas ditunjuknya Inhu sebagai tuan rumah Kemah Bela Negara tingkat Daerah Riau tahun 2021.

“Tempat kita menyelenggarakan kegiatan ini adalah Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal yang merupakan desa penyangga Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Inhu,” kata Junaidi.

Junaidi berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan kesan tersendiri dan dapat bersama-sama melestarikan alam ciptaan Ilahi.

“Kakak mengucapkan selamat melaksanakan rangkaian kegiatan pada adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega utusan Kwartir Cabang se-Daerah Riau yang meskipun dengan komposisi terbatas, semoga tidak mengurangi makna dari pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Junaidi mengajak untuk menjadikan
kegiatan perkemahan ini sebagai wadah pertemuan dalam rangka mempererat tali persaudaraan dan persatuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega sekaligus menjadi wahana dalam menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dan kemandirian serta menjadi inspirasi bagi generasi muda di kalangan masyarakat.

“Kakak juga mengharapkan melalui kegiatan ini nantinya mampu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan rasa tanggung jawab, rasa cinta Tanah Air, memperkuat tali persaudaraan, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dan kepercayaan diri, memperoleh pengalaman dan keterampilan baru, meningkatkan jiwa bela negara, memberikan bekas yang tampak dan nyata yakni semakin tumbuhnya semangat kepedulian para anggota Pramuka dalam membantu pemerintah dan masyarakat sekitarnya,” kata Junaidi berharap.
Gubernur Riau diwakili oleh Ketua Harian Mabida Riau Masrul Kasmy menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Kemah Bela Negara oleh Kwarda Riau.

Menurut Masrul, Kemah Bela Negara bertujuan menimbulkan kembali semangat anak-anak bangsa sehingga bisa terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan harga mati.

“Adik-adikku sekalian yang hari ini ikut perkemahan bela negara, semoga jiwa dan semangat kalian adalah jiwa persatuan dan kesatuan, kobarkan terus semangat itu karena kepemimpinan bangsa ini kelak ada di tangan adik-adik, jadi jangan rusak masa muda dengan hal-hal yang negatif. Sebagai generasi penerus bangsa tidak cukup pintar dan terampil saja, namun juga harus berkarakter dan berintegritas,” kata Masrul.

Dia menambahkan, mengikuti perkemahan ini sebagai upaya membangun karakter dan mental yang baik bagi setiap anggota Pramuka.

“Gerakan Pramuka berperan penting dalam membentuk karakter generasi bangsa, pembangunan karakter di dalam Gerakan Pramuka melalui pengamalan Dasa Dharma dan memegang teguh terhadap janji tri satya serta tidak meragukan lagi seorang Pramuka adalah pancasilais sejati.

Ketua Kwarda Riau HM Azaly Djohan dalam sambutannya menyampaikan Kemah Bela Negara merupakan salah satu wujud pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, karena Gerakan Pramuka di Indonesia dan seluruh dunia didirikan dengan maksud agar anak-anak muda kita dididik karakter dan jiwanya untuk mencintai Tanah Air, membela nusa bangsa.

Azaly berharap anggota Pramuka dapat membantu sesama, saling silaturahmi dan juga bergotong royong agar bangsa Indonesia ke depannya menjadi bangsa yang maju dan mandiri. Apalagi dengan semangat Hari Sumpah Pemuda Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda telah membuktikan dengan kegiatan-kegiatan nyata dalam upaya mengajak kaum muda dan masyarakat untuk ikut serta membangun masyarakat sesuai janji Satya.

“Pada kesempatan ini, saya selaku Ketua Kwarda Riau mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah setempat, tokoh masyarakat, para tetua adat, pengurus masjid dan musala, tokoh pemuda yang banyak memantu adik-adik Pramuka dalam melaksanakan Kemah Bela Negara ini.

Hadir pada acara pembukaan kegiatan Ketua Harian Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau Masrul Kasmy, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Bobby Rachmat, Wakil Ketua Kwarda bidang pembinaan anggota muda Jon Haril, Wakil Ketua Kwarda Bidang Organisasi, Hukum, dan Bela Negara Kasiaruddin, Sekretaris Kwarda Indra Irianto, Wakil Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat, Camat Batang Gansal, perwakilan dari Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, tokoh masyarakat desa Rantau Langsat, Pengurus Dewan Kerja Daerah Riau dan undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *