Musda GM FKPPI Provinsi Riau ke IX Dibuka Secara Resmi Oleh Kolonel CAJ Bambang Priyono

oleh -8 views

RIAUINVESTIGASI.COM I PEKANBARU — Musyawarah Daerah GM FKPPI Provinsi Riau ke-IX  dibuka secara resmi oleh Danrem 031/WB diwakili oleh Kasi Pers Korem 031/WB, Kolonel CAJ Bambang Priyono yang diadakan di Aula Jendral Ahmad Yani Batalyon Arhanud 13/PBY Pekanbaru. Rabu (27/10/2021).

Pada kesempatan ini, Gubernur Riau juga memberikan sambutannya yang diwakili oleh Kabankesbangpol Riau, Kaharuddin, M.Pd. Dalam sambutannya, Gubri menyatakan bahwa GM FKPPI lahir dari tuntutan perjuangan bangsa Indonesia telah berperan aktif selama 38 tahun dalam menghadapi berbagai macam dinamika dan pasang surutnya proses perjuangan bangsa

GM FKPPI juga harus mampu menjadi garda terdepan dalam menegakkan kedisiplinan bangsa dan ikut ambil andil dalam memerangi narkoba karena narkoba merupakan musuh kita bersama.

Dalam sambutan Gubri yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Pemprov Riau sangat berharap agar FKPPI Riau dapat menjadi organisasi perekat dalam mempersatukan kita semua. Falsafah kebersamaan bahwa kekuatan bangsa diperoleh dari kekuatan bersama yang saling menguatkan.

Dalam sambutan Brigjen TNI Syech Ismed, SE yang diwakili oleh Paham Priono menyampaikan Musda memiliki peran penting dalam memberikan suatu kemajuan dan nilai tambah khususnya bagi pada organisasi. Untuk itu melalui Musda ke IX GM FKPPI Provinsi Riau, ini diharapkan dapat melahirkan pemikiran-pemikiran yang inovatif melalui ketua dan pengurus yang terpilih guna untuk memajukan organisasi GM FKPPI dalam melanjutkan perjuangan dan pengabdian untuk membangun bangsa dan negara.

Kita menyadari bahwa tantangan pembangunan nasional dewasa ini semakin dinamis, dihadapkan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berkaitan dengan itu GM FKPPI sebagai salah satu komponen anak bangsa yang menghimpun potensi para putra putri purnawirawan TNI-POLRI dan putra-putri TNI-POLRI ini akan semakin dituntut untuk peran sertanya, untuk terus terlibat dalam memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa dan negara saat ini khususnya di provinsi riau. Salah satu tuntutan untuk diperhatikan adalah menjamin terpeliharanya integritas bangsa dan tetap tegaknya NKRI. Maka upaya nyata yang harus dilakukan adalah membangun soliditas organisasi secara internal. Jika ini telah diwujudkan maka tugas selanjutnya adalah membangun soliditas dan solidaritas diantara sesama organisasi keluarga besar TNI-POLRI serta organisasi kepemudaan pada umumnya. Sementara itu dalam kapasitasnya sebagai bagian dalam keluarga besar TNI diharapkan GM FKPPI memiliki visi dan misi yang sejalan dengan TNI dalam setiap aktivitas organisasi.

Terakhir Brigjen TNI Syech Ismed melalui Pahan Priono menyampaikan atensi dan harapan untuk kemajuan organisasi GM FKPPI adalah :

1. Tingkatkan efektivitas dan daya guna organisasi GM FKPPI.

2. Pengurus GM FKPPI yang terpilih nanti hendaknya selalu solid sehingga dapat menyatukan visi dan misi demi kemajuan organisasi.

3. Musda yang dilaksanakan hendaknya dapat merumuskan hal-hal yang diperlukan oleh organisasi dan dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional pada umumnya dan daerah Riau pada khususnya.

4. Melalui Musda ini hendaknya dapat menyumbangkan masukan-masukan, pemikiran-pemikiran maupun ide-ide yang profesional, sehingga mampu menghasilkan berbagai program kerja ke depan yang lebih sinergis yang dapat dirasakan manfaatnya bagi kemajuan organisasi dan masyarakat umum.

5. Apapun hasil yang dicapai selama pelaksanaan Musda ke IX ini hendaknya dapat diterima dengan lapang dada dan dengan keterbukaan. Berikan kontribusi yang positif kepada pemerintah daerah dalam berbuat yang terbaik demi kemajuan daerah Provinsi Riau. Selamat melaksanakan Musda ke IX mudah-mudahan dengan diadakannya musda ini dapat menentukan ketua dan kepengurusan yang benar-benar bisa membawa ke arah yang lebih baik dimasa mendatang bukan hanya bagi GM FKPPI tetapi juga bagi masyarakat, bangsa dan negara tercinta. Semoga Allah SWT memberkahi setiap langkah dan usaha kita semua. Aamiin ya robbal’alamin. Tutup sambutan Brigjen TNI Syech Ismed melalui Pahan Priono.

Ketua Umum GM FKPPI, Dwi Arianta Soerbakti MBA, menyampaikan bahwa Musda GM FKPPI Riau ini merupakan Musda GM FKPPI Riau ke VII yang dilaksanakan oleh pengurus Pusat GM FKPPI dalam kurun waktu 1 tahun.

Lanjut, rencananya setelah Riau ini kami akan melanjutkan melaksanakan Musda di Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kemudian DKI Jakarta, dan juga Jawa Timur. Karena sejak Munas di Desember 2019 dimana saya terpilih sebagai Ketum yang didampingi oleh Ari selaku Sekjen, bahwa program utama kami adalah melakukan konsolidasi organisasi, dan mengembalikan aturan main organisasi sesuai dengan PO dan AD/ART, itulah dasar kita berorganisasi, untuk berorganisasi kita harus taat aturan, taat peraturan, taat AD/ART.

Jadi memang 1,5 tahun pertama ini kami fokus melaksanakan Musda-musda untuk memastikan terjadinya konsolidasi organisasi mulai dari Pusat, Daerah, Cabang sampai ke Rayon.

Kami juga ingin melaporkan pada Kasipers bahwa selama satu tahun ini dalam rangka membantu pemerintah untuk menurunkan penyebaran Covid-19 GM FKPPI Riau juga sudah melaksanakan hampir 950 kegiatan di seluruh Indonesia. Dan mayoritas dari 950 kegiatan tersebut GM FKPPI Riau selalu didampingi oleh Pembina dan unsur TNI-Polri. Kenapa, kami ini adalah organisasi yang merupakan anak biologis dari TNI-Polri. Kita tidak boleh lepas dari Pembina kita yaitu TNI-Polri. Sehingga apapun kegiatan ataupun pergerakan yang dilakukan oleh kita secara organisasi pembina kita TNI- Polri itu selalu tau dan selalu memonitor dan selalu memberikan arahan dan masukan.

Minggu lalu juga baru saja kita lakukan Musda GM FKPPI Sulawesi Utara, dimana juga dihadiri oleh pembina TNI-Polri dan setiap kali acara Musda saya selalu berpesan kepada Ketua Pengurus Daerah yang terpilih, bahwa musda ini adalah permulaan dari pekerjaan berat kita bukan akhir kerjaan kita, karena Ketua terpilih nantinya memiliki PR-PR diantaranya adalah membentuk PC-PC yang belum terbentuk saat ini, saat ini PC-PC di Provinsi Riau yang sudah terbentuk sudah 7 Kabupaten/Kota dan yang belum terbentuk itu adalah PR dari Ketua terpilih nantinya. PR selanjutnya melaksanakan Program Kaderisasi dan Pendidikan. Sebagai laporan kepada Kasipers di GM FKPPI ini kami memiliki tiga tingkatan pelatihan, ditingkat Kabupaten/Kota kita dibilang Lakorlap, ditingkat Provinsi Lakordiah, dan ditingkat Pusat Lakorna. Pendidikan dan Pengkaderan ini yang membedakan GM FKPPI dibandingkan organisasi lainnya. Karena kita semua bisa disebut sebagai kader apabila kita sudah memiliki pendidikan. Jadi PR yang kedua yang harus kita laksanakan bagi ketua terpilih nantinya adalah melaksanakan Program pendidikan dan Pengkaderan ditingkat Korlap dan ditingkat Kordiah.

Saya sangat mempunyai perhatian khusus buat Riau supaya menjadi salah satu PD yang besar, jangan kalah pada Sumatera Utara. Bahwa Sumatera Utara beranggota 68 ribu, Jatim 160 ribu, Jabar 120 ribu, total anggota keseluruhan se-Indonesia sekitar 1,1 Juta orang. Jadi siapapun yang terpilih mohon ingat ada PR-PR yang besar yang harus dilaksanakan. Memang militansi adalah bagian utama dari kita semua. Kita tidak mencari uang di organisasi, kita benar-benar sebagai anak biologis TNI-Polri. Terima kepada Yoyok selaku Ketua PD yang bisa menjalankan amanah organisasi untuk melaksanakan Musda dan selamat ber musda dan ketua terpilih adalah pilihan bersama yang memiliki komitmen untuk membesarkan organisasi menjadi organisasi yang benar-benar solid, organisasi yang benar-benar kuat dan organisasi yang benar-benar militan. Ujar Ari

Dalam wawancara terpisah, Yoyok Raharjo, SH selaku Plt Ketua PD IV GM FKPPI Riau menerangkan bahwa Musda kali ini adalah Musda ke-IX bertujuan untuk menghimpun anak-anak TNI-Polri yang ada di provinsi Riau. Musda ini dihadiri oleh pengurus GM FKPPI se provinsi Riau. Program utama dalam Musda ke-IX ini adalah untuk melaksanakan pemilihan Ketua PD IV GM FKPPI Riau dengan masa bakti 2021-2026. Sampai saat ini baru ada satu orang kandidat yang mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai Ketua. Namun Musda tetap terbuka sebelum pengambilan keputusan pada sidang Musda ini.

Yoyok juga menerangkan bahwa saat ini ada 9 PC GM FKPPI di Riau yang sudah dibentuk antara lain : Pekanbaru, Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Bengkalis dan Meranti. Tegasnya.

Waktu yang sama Ketua KNPI Riau Fuad Santoso kepada awak media, menyampaikan tentu kita berharap musda berjalan sukses dan siapapun nantinya ketua terpilih dapat berkontribusi dalam segala lini dan juga kita harapkan dapat bekerjasama dengan pemerintah yang mana bisa bersama-sama untuk mensukseskan Vaksinasi agar kita bisa kembali hidup normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *