Gelar Sosialisasi, Koordinasi Team Restorasi Gambut Dan Rehabilitas, Ni Kata DLHK Riau

oleh

RIAUINVESTIGASI.COM I PEKANBARU —Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( DLHK ) Provinsi Riau Makmun Murod Gelar Rapat Sosialisasi dan koordinasi, Team Restorasi gambut dan rehabilitas, Tahun anggaran 2021.

Makmun Murod bersama awak media menjelaskan, senin,20/9 bertempat Hotel Pangeran Pekanbaru, ”Mensosialisasikan bahwa Provinsi Riau, Sebelumnya memiliki Team Restorasi gambut, Kembali hari ini kita menyesuaikan momenklatur BRGM Pusat “.

Dijelaskan Murod sebelumnya BRG (Badan Restorasi Gambut) berubah menjadi BRGM (Badan Restorasi Gambut dan Mangrove) dulu TRGD dan sekarang menyesuaikan momenklatur itu didaerah harus mengacu pada momenklatur pusat menjadi Team restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove daerah provinsi riau.

”Tujuannya adalah ingin mensosialisasikan kepada seluruh pihak bahwa saat ini, Provinsi Riau, mendapat dukungan dari pemerintah pusat, Yaitu BRGM yang sebelumnya hanya restorasi Gambut sekarang sudah melebar, tugasnya menjadi gambut dan mangrove“.

Dijelaskan kembali ” bertujuan pada saat ini pemerintahan Provinsi Riau mengikuti kebijakan pemerintah pusat untuk restorasi gambut dan melakukan rehabilitasi mangrove”. Papar murod

Alhamdulillah dengan dukungan BRGM, Yang sudah melakukan intervensi, yaitu dengan 3 hal, Pertama Reweting (Pembasahan gambut) kemudian kedua, revegetasi ( penanaman kembali pada daerah daerah yang terbakar ), ketiga melakukan revitalisasi ekonomi, yaitu memberikan kehidupan masyarakat disekitar hutan, Untuk mereka ikut berpartisipasi melakukan upaya menjaga hutan, tetapi dia juga mendapat dukungan ekonomi, Dari BRGM melalui DLHK Propinsi Riau, sehingga mereka memiliki mata pencarian atau usaha, dan mengurangi mereka mengurangi aktivitas gambut dan mangrove, Ujar Kepala DLHK Provinsi Riau

”Dan kegiatan raweting ini memiliki dua kegiatan, Membangun Skat Kanal, dimana dipropinsi riau sudah ada 1100, Skat kanal yang sudah dibangun, Dan ditahun 2021 ini juga kita akan membangun 100 Skat kanal, Di tiga kabupaten yakni, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hilir, Nah ini artinya dukungan BRGM luar biasa, Terhadap Pemerintah Propinsi Riau, Mudahan Kedepan akan terus meningkat “.

Dan tentunya kegiatan ini positif berkurangnya kegiatan kebakaran gambut, ujar murod

  1. Kabid Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Restorasi Gambut dan Kehutanan Sosial, Febrian Swanda, S. Hut, Sekaligus Panitia Kegiatan, Menjelaskan Peserta berasal dari BRGM RI, Diwakili deputi 1, Prof. Dr. Ir .Satyawan Pudyatmoko, Kementrian LHK, Diwakili Kepala Bapedas, OPD Provinsi Riau, Walikota, Bupati, LAM Riau, Pihak Universitas, Forkompinda, Bapeda Kabupaten, Kepala Lingkungan Hidup. Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *