PMI Pekanbaru Kembali Gandeng Relawan Peduli Covid 19 Riau Gelar Donor Darah Sempena HUT PMI ke 76

oleh

RIAUINVESTIGASI.COM I PEKANBARU — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru bekerja sama dengan Relawan Peduli Covid-19 Riau menggelar kegiatan donor darah di Hotel Furaya Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan bersempena hari ulang tahun PMI yang ke-76 tahun dan digelar selama 3 hari.┬áJum’at siang (17/9/2021).

“Hari ini dan 3 hari kedepan dalam rangka ulang tahun PMI yang ke 76, kami PMI Kota Pekanbaru bekerjasama dengan Relawan Peduli Covid-19 Riau menggelar donor darah di Hotel Furaya. Kegiatan ini Insya Allah akan berlangsung selama 3 hari mulai hari ini, yakni 17, 18 dan 19 September 2021,” sebut Kepala PMI Kota Pekanbaru M Noer.

M Noer mengatakan, kegiatan donor darah ini juga didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kota Pekanbaru, organisasi kemasyarakatan, jajaran TNI/Polri, serta Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Riau.

“Di hari pertama ini kami melihat sampai siang sudah 635 lebih pendonor. Mudah-mudahan antusias masyarakat akan terus bertambah sehingga target kita bisa tercapai. Kita targetkan dalam 3 hari ini bisa mengumpulkan 3.000 kantong darah,” ungkapnya.

Dikatakan juga oleh M Noer, sebelumnya pihak panitia telah membuat pendaftaran melalui online bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

” Pendaftar melalui online sudah ada 2.000 lebih pendonor, yaitu melalui aplikasi yang dibuat oleh Relawan Peduli Covid-19 Riau. Tapi banyak juga dari pengurus LPM, kecamatan dan masyarakat yang membuat daftar, itu tetap kami terima,” jelasnya.

” Hari kedua nanti Lanud juga akan memberikan sumbangsih dengan mengaitkan HUT PMI ini dengan HUT TNI begitu juga dengan Korem 031 Wirabima akan ikut melakukan donor darah melalui personilnya, yang akan dilaksanakan hari terakhir, hari Minggu besok. Mudah-mudahan bisa sebanyak mungkin memberikan darah kepada PMI yang nantinya untuk dimanfaatkan bagi masyarakat Kota Pekanbaru,” terangnya.

DijelaskanM Noer juga , pihaknya juga berterimakasih kepada Relawan Peduli Covid-19 Riau yang telah menyediakan buah tangan berupa sembako dan alat kesehatan pencegah covid-19 kepada para pendonor. “Kami mengucapkan terimakasih, mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan oleh pendonor sebaik-baiknya,” tutup M Noer.

Dihari yang sama, ketua panitia pelaksana donor darah dari Relawan Peduli COVID-19 Riau, Dirmanto Chang mengatakan, antusiasme masyarakat yang mengikuti kegiatan donor darah ini cukup tinggi. Pihaknya menyediakan 42 bad serta puluhan relawan untuk mensukseskan kegiatan sosial tersebut.

” Animo masyarakat cukup tinggi. Mudah-mudahan bisa melebihi target. Peserta semuanya kita gandeng, baik dari masyarakat umum, serta dari berbagai instansi. Kita juga membuka untuk umum dan bisa langsung datang ke hotel Furaya untuk mendonorkan darahnya,” sebut Dirmanto.

Dikatakan Dirmanto, dalam kegiatan ini juga pihaknya menjaring masyarakat yang ingin mendonorkan plasma konvalesennya. Tercatat sampai siang ini sudah ada 15 orang yang lulus uji skrining awal untuk mendonorkan plasmanya.

” Sempena hari ulang tahun PMI ini, kembali Relawan Peduli Covid 19 Riau dipercaya kembali oleh PMI Kota Pekanbaru menggelar donor darah massal. Sekalian juga kita menjaring pendonor plasma konvalesen. Dan yang sudah lulus skrining sampai siang ini sudah ada 15 orang”, tutup Dirmanto.

Dalam rangkaian HUT PMI tersebut, PMI kota Pekanbaru juga beri piagam penghargaan kepada pendonor darah sebanyak 25, 50 dan 75 kali serta pendonor konvalasen sebanyak 5 sampai 10 kali kemudian kepada Instansi penyelenggara donor terbanyak dan UPTD yang gelar donor darah terbanyak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *