PN Rengat Bersama Kejari lnhu Gelar Persidangan Online Perdana

RIAUINVESTIGASI.COM I INHU– Untuk pertamakalinya, Pengadilan Negeri (PN) Rengat bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) menggelar persidangan secara online, Kamis (26/3/2020) dimulai pada pukul 13.30 WIB.

Sidang online ini dilakukan menindaklanjuti arahan Jaksa Agung RI pada Video Conference dalam rangka mencegah dan menegakkan hukum ditengah Pandemi Covid-19.

Sidang online ini dipimpin oleh Wakil Ketua PN Rengat Wijawiyata SH selaku Ketua Majelis, Omori R Sitorus SH, MH dan Maharani Debora Manulang SH, MH sebagai Hakim Anggota dengan JPU Rionald Feebri R SH, MH, Siti Rahayu SH dan Jimmy Manurung SH

Humas Kejari lnhu Bambang Dwi Saputra SH, MH ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa telah dilaksanakannya Persidangan Online yang diselenggarakan oleh Kejari lnhu, Pengadilan Rengat dan Rutan Kelas IIb Rengat.

“Dalam sidang hari ini dengan jumlah tahanan sebanyak 16 orang dan dilakukannya pembagian masker serta hand sanitizer agar para tahanan terhindar dari Virus Corona,” ingkapnya.

Dijelaskannya bahwa dilaksanakannya sidang Acara Persidangan Biasa (APB) dengan menggunakan sarana Video Conference (Vicon) dimana Jaksa berada di Kantor Kejaksaan dan Hakim tetap berada di Pengadilan, namun terdakwa tidak perlu dihadirkan di pengadilan, melainkan tetap di rutan.

“Komunikasi dilakukan melalui sarana video conference, hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran corona virus, yakni social distancing. Sidang tersebut untuk agenda sidang dakwaan, tuntutan dan pemeriksaan saksi,” paparnya.

Dijelaskannya juga bahwa pelaksanaan persidangan online ini merupakan suatu bentuk kesiapan Kejari Inhu dan langkah pencegahan dan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yakni Social Distancing.

“Pelaksanaan persidangan online ini dilaksanakan dengan merujuk pada arahan Jaksa Agung RI pada Video Conference dalam rangka mencegah dan menegakkan hukum ditengah Pandemi Covid-19,” terangnya.

Saat ini sidang sedang berjalan dengan lancar, selama kegiatan berlangsung situasi berada dalam keadaan aman dan terkendali, tutupnya.**HR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *