Kapolresta Hadiri Pembukaan MTQ Ke-53 Tingkat Kota Pekanbaru di Komplek Perkantoran Tenayan Raya

RIAUINVESTIGASI.COM I PEKANBARU –– Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mumin Wijaya, S.I.K., M.H., hadiri pembukaan MTQ Tingkat Kota Pekanbaru ke-53, pada Sabtu 27 Maret 2021 pagi, di Gedung Islamic Center Komplek Perkantoran Tenayan Raya Jalan Tujuh Puluh Kelurahan Tuah Negeri Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru.

Pembukaan MTQ Kota Pekanbaru ke-53 itu, langsung dilakukan Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, S.T., M.T., didampingi Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si., Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS, S.I.P., Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu’min Wijaya, S.I.K., M.H., Dandim 0301 Pekanbaru Kolonel Inf Edi Budiman, S.I.P., M.I.P.

Pada kesempatan itu, juga hadir Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru Andi Suharlis, S.H., M.H., Kadis Pers Lanud Roesmin Nurjadin, Ketua Pengadilan Negeri Kota Pekanbaru Saut Maruli Pasaribu, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Kota Pekanbaru, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru H.M. Jamil, M.Ag., M.S.I., Ketua LAM Kota Pekanbaru Muspidauan, S.H, MH, Ketua MUI Kota Pekanbaru Prof. DR. H. Ilyas Husti, M.Pd., dan Camat Se-Kota Pekanbaru.

Diawali dengan menyanyikan lagu Mars Musabaqah Tilawatil Qur’an oleh Qori dan Qori’ah Kecamatan Binawidya serta diikuti para hadirin, Pantia MTQ Tingkat Kota Pekanbaru melakukan Pembukaan serta dilanjutkan pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan Pembacaan Do’a.

Selanjutnya, Ketua Pelaksana oleh Kepala Kesejahteraan Rakyat H. Sarbaini, MH menyampaikan laporan pelaksanaan MTQ Kota Pekanbaru yang ke-53.

Tidak lama kemudian, Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST, MT menyampaikan kata sambutannya dengan mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan, para peserta 13 Kecamatan Kota Pekanbaru yang telah hadir pada pembukaan MTQ ke 53 di Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru dengan tema “Dengan MTQ Kota Pekanbaru ke-53, Kita Wujudkan Insan yang Qur’ani dan Tangguh di Masa Pandemi Menuju Pekanbaru Smart City Yang Madani”.

Dikatakan Firdaus, pelaksanaan MTQ Kota Pekanbaru yang ke-53 ini, dilakukan saat dalam wabah Covid-19, karena itu perlunya terhadap peserta dan panitia untuk memperhatikan protokol kesehatan dengan cara memeriksa suhu tubuh.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan acara MTQ ke-53 ini, diharapkan masyarakat kota Pekanbaru, untuk lebih agamis serta memupuk rasa Persatuan dan Kesatuan.

Usai Walikota Pekanbaru menyampaikan kata sambutannya, tidak lama kemudian Panitia MTQ melakukan Penyerahan Piala Bergilir MTQ ke-52 dari Walikota Pekanbaru ke Camat Tenayan Raya Pekanbaru.

Selanjutnya, pemukulan beduq sebagai tanda pembukaan MTQ ke-53 dilakukan Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST, MT bersama dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Anggota Forkompinda Kota Pekanbaru.

Untuk diketahui adapun cabang yang akan dipertandingkan dalam MTQ ke-53 Tingkat Kota Pekanbaru itu, ada 11 cabang yang akan dilangsungkan terhitung dari tanggal 27 hingga 31 Maret 2021.

Kesepuluh cabang yang akan dipertandingkan itu, diantaranya, 1. Tafsir Bahasa Indonesia, 2. Bahasa Inggris, 3. Bahasa Arab, 4. Tahfiz 10, 20, dan 30 juz, 5. cabang Kaligrafi, 6 Khotmul Qur’an, 7. pidato atau ceramah, 8. tilawah dewasa, remaja dan anak-anak, 9. Tahfiz 100 dan 500 hadis, 10. Musabaqah makalah Qur’an, dan 11. serta Tahfiz 1 dan 5 juz tilawah.

Pembukaan MTQ ke 53 Tingkat Kota Pekanbaru itu, berjalan lancar, aman dan tertib hingga peresmian selesai sekira pukul 10.10 Wib yang dimulai sejak pukul 09.30 Wib dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.