Gubernur Riau Umumkan Status Siaga Darurat Karhutla Hingga 31 Oktober 2020

Dok : Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar, M.Si

RIAUINVESTIGASI.COM I PEKANBARUĀ — Provinsi Riau resmi menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Penetapan status tersebut langsung diumumkan Gubernur Riau Drs.H. Syamsuar, M.Si di Gedung Daerah, Selasa malam (11/2/2020).

Dok : Gubernur Riau Diwawancarai Awak Media

Hal ini disampaikan Gubernur Riau Drs.H. Syamsuar, M.Si dalam Rapat Koordinasi Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) Provinsi Riau 2020, di ruang Balai Serindit Gedung Daerah Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Penetapan status siaga darurat Karhutla ini berlaku terhitung 11 Februari hingga 31 Oktober. Diharapkan, dengan penetapan status ini agar langkah pencegahan dan penanggulangan bisa dilakukan lebih awal.

“Malam ini kita umumkan status siaga darurat Karhutla,” kata Gubri.

Gubri dalam arahannya, mengatakan penetapan status siaga darurat Karhutla ini, sebagai tindaklanjut dari arahan Presiden Joko Widodo yang meminta dilakukan deteksi dini sebagai bagian upaya pencegahan Karhutla.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger, SH,M.Si dalam sambutannya pada rapat koordinasi ini melaporkan bahwa dua Kabupaten dan satu Kota di Provinsi Riau telah lebih dulu menetapkan status Siaga Darurat Bencana Karhutla.

Dua Kabupaten di Riau yang telah menetapkan status siaga darurat bencana karhutla yakni Kabupaten Bengkalis menetapkan pada 22 Januari 2020, Siak menetapkan pada 29 Januari 2020, dan Kota Dumai menetapkan pada 3 Februari 2020.

Luas karhutla yang terbakar mulai Januari hingga Februari 2020 sudah seluas 271,07 ha.

Dok : Gubernur Riau Dan Wakil Gubernur Bersama Tamu Undangan

Dalam Rakor malam tadi hadir Wakil Gubernur Riau H.Edy Afrizal Natar Nasution, sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Fajar, Danlanud Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Kajati Riau Mia Amiati, Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Harmensyah, Kepala BMKG Pekanbaru Sukisno dan tamu undangan lainnya.

RLS/ANS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS20
https://mail.google.com/mail/u/3/#inbox
Fachttps://www.facebook.com/riau.investigasi.77ebook20
Twihttps://twitter.com/inveatigasitter20
20
https://www.instagram.com/redaksi.riauinvestigasi/20
20
20