8 cara memasak pare menghilangkan pahit dan getirnya

Karena mengandung banyak vitamin dan mineral, rasanya sayang jika kita melewatkan sayuran ini hanya karena rasanya. Lagipula rasa pahit pare bisa disamarkan dengan metode pengolahan yang tepat.

Cara pertama untuk mengolah sayur pare yang tidak pahit dimulai dengan pemilihan bahan. Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya diterapkan.

Pilih pare yang berukuran sedang

Semakin besar ukuran pare, semakin pahit pula rasanya. Jadi pilih pare yang berukuran kecil atau sedang saja.

Pilih pare yang warnanya hijau tua

Pilihlah pare dengan permukaan kulit yang memiliki warna hijau tua. Pare yang warnanya cenderung muda biasanya sudah hampir matang atau tua. Pare yang matang biasanya memiliki rasa yang lebih getir.

2. Remas-remas dengan garam

Belah pare menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya berikut selaput putih yang menempel pada daging buahnya.

Iris-iris tipis daging buah pare, kemudian taburi garam. Remas-remas irisan pare sampai layu. Setelah itu bilas pare dengan air mengalir, tiriskan, dan masak sesuai selera.

3. Remas-remas dengan garam

Selain diremas menggunakan garam, gula pasir juga bisa dimanfaatkan untuk menetralkan rasa pahit pada pare.

Caranya sama saja dengan metode sebelumnya. Remas-remas pare yang sudah dibuang biji dan selaputnya, iris tipis, kemudian remas dengan gula pasir.

Teruskan sampai pare layu, kemudian bilas pare dengan air mengalir sampai sisa gula hilang. Tiriskan, kemudian masak pare sesuai selera.

4. Rebus dengan daun jambu biji

Daun jambu biji tidak hanya bisa menambahkan warna cokelat pekat pada telur rebus. Bisa juga digunakan untuk menyamarkan rasa pahit pada pare. Sepatnya daun jambu akan menetralisir getir pare.

Caranya cukup mudah. Tinggal rebus pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya dengan beberapa lembar daun jambu biji selama 5 menit.

Setelah waktu perebusan selesai, tiriskan pare dari air rebusan, kemudian bilas dengan air mengalir, dan tiriskan lagi.

5. Rebus dengan tanah liat

Perebusan dengan tanah liat biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Trik yang sama juga bisa diterapkan untuk sayur pare.

Kamu bisa mendapatkan tanah liat untuk memasak di pasar tradisional. Ambil sedikit saja, kemudian rebus bersama pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya.

Setelah 3 menit, tiriskan pare dari air rebusan. Cuci dengan air mengalir, kemudian tiriskan kembali. Pare pun siap diolah menjadi tumis, siomay, atau masakan lainnya.

6. Rebus dengan cuka, garam, dan gula

Pickle alias merebus pare seperti acar juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa pahit.

Siapkan secangkir cuka putih, kemudian tuangi 2 sendok makan garam dan 2 sendok makan gula pasir. Masukkan irisan pare yang sudah bersih dari biji dan selaput putih. Kemudian rebus selama 2 menit saja.

Tiriskan pare dari air rebusan, kemudian cuci di air mengalir. Dinginkan pare, kemudian olah sesuai selera.

7. Kombinasikan dengan bahan makanan yang memiliki rasa cenderung asin

Pare yang sudah melalui proses perebusan atau diremas-remas sampai layu akan lebih enak lagi jika dimasak dengan bahan makanan yang rasa asinnya kuat. Misalnya saja kecap asin, ikan, atau kacang kalengan yang direndam dalam air garam.

8. Olah dengan telur kocok

Tumis pare yang dipadukan dengan telur orak-arik biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Telur memang bisa membantu menetralkan rasa yang terlalu tajam. Cocok dipadukan dengan pare yang getir.

Demikian cara mengolah pare agar rasa pahit dan getirnya hilang. Terapkan salah satu trik di atas sebelum mengolah pare menjadi masakan yang kamu inginkan.

Sumber: SFGate, Food Republic, Leaf

banner 300x250
Tag:

Tinggalkan Balasan