10 Pemicu serangan jantung yang tidak disadari wanita

RiauInvestigasi.Com – Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu bagi bagi pria maupun wanita di seluruh dunia. Namun data dari WHO menunjukkan bahwa gangguan ini lebih sering mengenai wanita daripada pria. Apalagi bagi wanita yang sebelumnya menderita penyakit seperti diabetes, obesitas, gagal jantung, gagal ginjal, depresi, dan stroke.

Dilansir dari boldsky.com, ini dia beberapa faktor penyebab serangan jantung yang jarang diketahui oleh wanita.

[irp posts=”1239″ name=”10 Tips mengecilkan payudara untuk kaum Hawa dengan cepat, aman dan alami”]

Menstruasi pertama sebelum usia 12 tahun
Jika kamu mengalami pubertas sebelum usia 12 tahun, kamu berisiko besar untuk terkena penyakit jantung. Penelitian menjelaskan bahwa hal ini terkait dengan produksi estrogen yang bisa meningkatkan risiko penggumpalan darah dan stroke.

Sering flu
Apakah kamu termasuk orang yang sering mengalami flu, bahkan flu yang memburuk? Flu yang buruk bisa disebabkan oleh bakteri dan virus yang kemudian masuk ke jantung dan menyebabkan penyakit jantung atau gagal jantung.

[irp posts=”1626″ name=”Ini 5 Jenis minuman yang sebaiknya tidak kamu konsumsi setelah makan malam”]

Konsumsi obat diet
Efek buruk dari obat diet ternyata bisa mengenai jantung. Sebabnya pil diet akan meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung yang kemudian memberi tekanan berlebih di jantungmu. Jika berlangsung dalam waktu lama maka akan menyebabkan kerusakan permanen di jantung.

Kehamilan
Ya! Adanya bayi di dalam tubuh akan memberikan pekerjaan ekstra pada sistem peredaran darah. Jantung akan bekerja ekstra keras dan volume darah berlipat ganda saat kamu hamil. Apalagi jika kamu menderita diabetes gestasional, hipertensi atau preeklampsia selama kehamilan.

[irp posts=”89″ name=”H.Suyatno Bupati Rokan Hilir lantik Penghulu Kecamatan Bangko dan Pekaitan”]

Patah hati berkepanjangan
Saat patah hati, jangan terlalu larut dalam kesedihan. Sebabnya kamu akan memberikan tekanan ekstra di jantung yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Konsumsi minuman beralkohol
Bagi kamu yang memiliki kebiasaan buruk untuk konsumsi minuman beralkohol, maka hentikan kebiasaan ini. Sebabnya mereka yang doyan konsumsi minuman beralkohol berada pada risiko tinggi untuk terkena penyakit jantung.

Menderita penyakit yang terkait peradangan
Penyakit peradangan seperti Rheumatoid arthritis cenderung akan menempatkan wanita pada risiko tinggi terkena penyakit jantung. Sebab penyakit ini bisa menyebabkan peradangan di tubuh dan merusak pembuluh darah yang kemudian menyebabkan terbentuknya plak.

Kesepian
Kamu yang sering merasa kesepian dan terisolasi secara sosial memiliki risiko kena penyakit jantung lebih tinggi 30% daripada yang tidak. Maka bagi kamu yang anti sosial, sebaiknya berkumpulah dengan orang-orang yang membawa pengaruh positif pada dirimu.

Depresi
Depresi menjadi faktor lain yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebab bila kamu mengalami depresi, hormon stres atau kortisol akan meningkat yang disertai dengan risiko penyakit demikian.

Mengidap ADHD
ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah kondisi yang membuat pengidapnya sulit untuk berkonsentrasi. Wanita yang mengidap ADHD dan sedang menjalani pengobatan tertentu berkaitan dengan stimulan yang meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, akan berisiko tinggi untuk mengalami serangan jantung.***

banner 300x250
Tag: